Tuesday, March 31, 2020

Membuat Rumus Terbilang Excel dengan Menambahkan Scrypt ke Modul

AWD Blog - Kali ini awd blog akan memberikan sedikit tutorial bagaimana cara membuat modul terbilang tanpa harus menambahkan add on ke MS Excell. Jadi kita tidak perlu untuk mencari kesana kemari file add ons buat memasukkan rumus terbilang karena kita bisa membuat sendiri modulnya.


Hal pertama yang harus kita persiapkan yakni scrypt buat modul terbilang tersebut yang nantinya bakal kita masukkan ke VBA di excel kita masing masing. Silahkan download pada link berikut ini untuk scryptnya
DOWNLOAD SCRYPT TERBILANG EXCEL

Setelah scrypt tadi di download sekarang kita mulai untuk cara membuatnya atau cara memasukkannya ke Excel kita.

  1. Tampilkan dulu menu Developer di MS Excell anda caranya tekan tombol menu di pojok kiri atas Excell sobat =>> pilih Excell Option =>> beri check List pada "Show Developer tab in the Ribbon".
  2. Setelah menu Developer Terbuka, klik menu Developer tersebut =>> pilih Visual Basic di pojok kanan atas di bawah menu.
  3. Setelah halaman visual basic terbuka, klik kanan pada ruang kosong di bawah VBA Project =>> klik insert =>> Module.
  4. Setelah halaman Module terbuka, masukkan scrypt yang sudah di download tadi ke halaman module.
  5. Setelah selesai semua silahkan close halaman Visual Basic dan module siap di gunakan.
 Setelah selesai semua sekarang kita bisa menerapkan rumus dengan menggunakan fungsi terbilang di excel kita sendiri. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada Video berikut ini.

Maaf untuk komentar saya aktifkan moderasi, ini untuk menghindari komentar spam yg tidak berhubungan dengan artikel yag di komentari.