Friday, June 26, 2015

Mengetahui Hari Lahir dan Detail Kelahiran Dari Tanggal Lahir

Kenyih.com - Hari lahir Merupakan dan detail hari kelahiran sangat berperan penting dalam adat jawa, dari jaman kakek buyut kita dulu sampai sekarang masih sangat berpengaruh. Misalnya saja dalam hal pernikahan, Menurut adat jawa pernikahan harus di cari hari baiknya kapan akad nikah akan di langsungkan.

Oleh sebab itu bagi orang jawa wajib tahu detail kelahiran kita, tidak hanya tanggal/bulan/tahun namun hari - Pasaran - Pawukon (wuku) kelahiran seorang anak harus di catat atau di ingat oleh orang tua masing-masing.

Bagi orang-orang modern khususnya perkotaan mungkin tidak terlalu memikirkan tentang hari - pasaran - pawukon kelahiran seorang anak, sehingga rata-rata anak kota hanya tahu tanggal/bulan/tahun hari kelahiran mereka. Padahal tidak jarang orang kota yang akhirnya bertemu orang desa menjalin asmara dan berlanjut ke pelaminan.

Oleh sebab itu disini saya akan memberikan kesempatan buat pembaca blog ini yang ingin tahu detail kelahirannya, saya tidak minta bayaran atau imbalan untuk memberikan detail kelahiran yang di tanyakan.

Buat anda yang ingin menanyakan detail kelahiran silahkan tinggalkan nama dan hari lahir di kotak komentar di bawah artikel ini, Tapi sebelumnya saya harapkan anda menambahkan akun google+ blog ini ke google+ kalian dengan mengklik follow di google badge di samping kanan artikel ini.

sedikit tambahan, kalau anda sudah tahu hari dan pasaran tapi ingin tahu jumlah weton / neptu hari lahir anda, di bawah ini akan saya berikan cara menghitungnya dari hari dan pasarannya
contoh : Lahir selasa kliwon berarti jumlah weton/neptu 11


HARI DAN PERHITUNGAN JUMLAHNYA
SENIN : 4
SELASA : 3
RABU : 7
KAMIS : 8
JUMAT : 6
SABTU : 9
MINGGU : 5

PASARAN DAN PERHITUNGAN JUMLAHNYA
PAHING : 9
PON : 7
WAGE : 4
KLIWON : 8
LEGI : 5

1 comment

Maaf untuk komentar saya aktifkan moderasi, ini untuk menghindari komentar spam yg tidak berhubungan dengan artikel yag di komentari.