Monday, July 14, 2014

5 Macam niat Zakat Fitrah Idul Fitri

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
kali ini saya akan memberikan atau mengingatkan kepada anda yang belum tahu atau lupa tentang bacaan saat kita mengeluarkan zakat fitrah. Seperti umat muslim ketahui, mengeluarkan zakat fitrah di bulan ramadhan wajib hukumnya.

Ada 5 jenis bacaan niat zakat fitrah yang perlu di ketahui, mungkin bagi anda yang belum tahu merasa bingung kenapa ada 5 jenis bacaan. bukankah zakat hanya di keluarkan setahun sekali dan merupakan hal wajib, mestinya kan hanya 1 jenis bacaan untuk seluruh umat muslim.

5 bacaan yang saya maksud adalah niat zakat yang bukan untuk kita sendiri, maksudnya misalkan kita mewakili doa untuk zakat orang lain maka bacaannya pun berbeda. Baiklah langsung saja simak di bawah ini.
  1. NIAT ZAKAT UNTUK DIRI SENDIRI

    Artinya  : Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas diri saya sendiri, Fardhu karena Allah Ta’ala
  2. NIAT ZAKAT UNTUK ISTRI

    Artinya  : Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas Istri saya, Fardhu karena Allah Ta’ala
  3. NIAT ZAKAT UNTUK ANAK (laki2 dan perempuan)

    Artinya  : Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (sebut namanya) / anak perempuan saya (sebut namanya), Fardhu karena Allah Ta’ala
  4. NIAT ZAKAT UNTUK ORANG YANG KITA WAKILI

    Artinya  : Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas…. (sebut nama orangnya), Fardhu karena Allah Ta’ala
  5. NIAT ZAKAT UNTUK DIRI SENDIRI DAN SEMUA ORANG YANG DI TANGGUNG NAFKAHNYA

    Artinya  : Sengaja saya mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya dilazimkan (diwajibkan) memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah Ta’aala

Maaf untuk komentar saya aktifkan moderasi, ini untuk menghindari komentar spam yg tidak berhubungan dengan artikel yag di komentari.